Pengelolaan Media Pers PMKRI

Jaringan media pers online PMKRI bisa dibentuk seperti halnya jaringan media pers online profesional.

Contoh, Grup Jawa Pos yang punya Radar untuk media “induk” nasional, dan Radar Bogor, Radar Bandung, dll untuk media daerah.

Di PMKRI, struktur situsnya akan menjadi seperti berikut:

– untuk nasional:
www.pmkri.news

– untuk daerah:
bogor.pmkri.news atau www.pmkribogor.news.
jabar.pmkri.news atau www.pmkrijabar.news.
dst.

Cabang atau regio yang belum punya tim pers mandiri, beritanya bisa tergabung di situs nasional, kolom Regional.

Sementara cabang atau regio yang sudah mampu memiliki tim pers mandiri, beritanya dipisah ke subdomain (seperti bogor.pmkri.news), atau bahkan domain baru (seperti www.pmkribogor.news).

Yang penting diingat adalah pemberitaan isunya harus fokus sesuai tingkatan.

Misal dki.pmkri.news fokus pada isu lokal provinsi DKI Jakarta dan tidak genit mencaplok isu nasional negara.

Harus bisa membedakan antara “menaikkan” isu lokal ke tingkatan nasional dan “menurunkan” isu nasional ke tingkatan lokal.

Contoh 1:
Pemerintah pusat menaikkan harga BBM dengan pertimbangan A, B, C. —> Pemberitaan di tingkatan nasional.
Respon masyarakat di Bogor dan di Bandung terhadap kenaikan harga BBM. —> Pemberitaan di tingkatan daerah.

Contoh 2:
Kampus-kampus di Bogor dan di Bandung terjadi aksi demo terhadap kenaikan SPP. —> isu di daerah.
Media di tingkat nasional merangkum isu lalu mendorong berita tentang kenaikan SPP ke nasional.

Konten berita
– Isu sosial, budaya, ekonomi, dll
– Opini
– Lainnya bisa ditambahkan sesuai keahlian di cabang atau regio tersebut.

* Marga Putera, Bogor, Desember 2001.
* Rangkuman diskusi internal mengenai media pers PMKRI.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*