Sejarah Pembentukan PMKRI Jambi

Upaya mendirikan PMKRI di Provinsi Jambi dirintis oleh Ibu MELLY MARZUKY sejak tahun 1967. Namun dikarenakan jumlah mahasiswa Katolik di Jambi pada saat itu sangat sedikit maka upaya untuk pendirian masih mengalami kendala.

Pada tahun 1987 melalui KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik) keinginan untuk mendirikan PMKRI di kota Jambi muncul kembali namun karena kurangnya persiapan dan perencanaan, tindakan pendirian ini gagal terealisasi.

Keinginan itu akhirnya terealisasi pada tahun 1990, melalui sidang MPA XVI 1990 yang dilaksanakan di Ujung Pandang. Jambi di tetapkan sebagai kota jajakan PMKRI dengan cabang Palembang sebagai pendampingnya.

Pada tahun 1991, yang pada awalnya bernama KMK berubah status menjadi Pra Calon Cabang PMKRI Jambi. Status meningkat menjadi Calon Cabang PMKRI Jambi setelah melaksanakan orientasi pada tanggal 29 Juni – 1 Juli 1992.

Tepatnya pada tanggal 27 November 1992, pada Sidang MPA XVII yang dilaksanakan di Bandung, Calon Cabang PMKRI Jambi mengirimkan delegasi sebanyak dua orang yaitu saudari M.T.R PURALANA dan saudari MARTHA TARIGAN. Pada saat itu juga, mereka menyaksikan secara langsung Calon Cabang PMKRI Jambi ditetapkan sebagai Cabang PMKRI dengan pelindungnya Sanctus Agustinus.

Berdasarkan Ketetapan MPA di Bandung, tanggal 27 November ditetapkan sebagai tanggal berdirinya PMKRI Cabang Jambi, dan MTR. Puralana diangkat sebagai Ketua Presidium Pertama PMKRI Cabang Jambi Sanctus Agustinus.

Referensi :
https://jambipmkri.blogspot.com/2017/11/sejarah-pmkri-cabang-jambi-sanctus.html

Baca : Profil PMKRI Jambi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*